OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - ABORSI

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Cara paling aman dan baik bagi wanita untuk melakukan pengguguran kandungan (aborsi) sendiri sampai dengan usia kehamilan minggu ke-9 adalah dengan meminum obat Mifepristone (juga dikenal dengan nama pil abortus, RU 486, Mifegyn, Mifeprex), dan Misoprostol (juga dikenal dengan nama Cytotec, Arthrotec, Oxaprost, Cyprostol, Mibetec, Prostokos or Misotrol).

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Cara aborsi medis ini telah memberi tingkat keberhasilan lebih dari 97%. Bila Anda tinggal di negara yang tidak menyediakan akses pelayanan aborsi yang aman dan Anda ingin menggugurkan kandungan dengan obat-obat Mifepristone dan Misoprostol (juga dikenal dengan nama Cytotec, Arthrotec, Oxaprost , Cyprostol, Mibetec, Prostokos or Misotrol).

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Ada wanita yang mencoba melakukan aborsi dengan memasukkan barang tajam atau kotor ke dalam rahim atau kandungan, atau dengan meninju perut. Cara-cara ini sangat berbahaya dan tidak boleh dilakukan karena bisa mengakibatkan luka dalam, infeksi, pendarahan berat dan juga kematian.

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Menggugurkan kandungan adalah keputusan yang amat sulit. Apabila Anda tidak bisa membicarakan aborsi ini atau tidak ada pilihan lain untuk berdiskusi dengan dokter atau pelayan kesehatan, kami menasehatkan untuk membicarakannya dengan teman baik atau anggota keluarga. Apabila Anda perempuan yang masih muda, pembicaraan ini bahkan lebih penting. Bicarakanlah situasi ini, keputusan Anda dan tata cara aborsi dengan orang tua atau orang dewasa lain yang Anda percayai.

BAGAIMANA CARA KERJA OBAT MISOPROSTOL?

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Anda tidak boleh melakukan aborsi sendiri bila usia kehamilan sudah lebih dari 9 minggu. Obat Misoprostol mengakibatkan kontraksi rahim. Sebab itu, rahim akan memaksakan pengguguran kehamilan. Anda akan mengalami kram yang menyakitkan, kehilangan darah dari vagina yang lebih banyak dari menstruasi biasa, rasa mual, muntah dan diare. Ada juga kemungkinan risiko pendarahan berat. Jika ini terjadi, Anda harus segera pergi ke dokter spesialist kandungan.

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Kemungkinan keberhasilan aborsi dengan obat Misoprostol lebih dari 80%. Obat Misoprostol tersedia dalam apotek-apotek di hampir semua negara.

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Obat Misoprostol hanya kalo Anda 100% pasti ingin mengakhiri kehamilan Anda.

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Obat Misoprostol tidak boleh dipakai bila usia kehamilan lebih dari 9 minggu.9 minggu usia kehamilan adalah 9 minggu (63 hari) sejak hari pertama menstruasi terakhir. Bila Anda menyangka hamil lebih dari 9 minggu, atau USG menunjukkan bahwa Anda hamil lebih dari 9 minggu, kami sarankan untuk tidak mengambil obat Misoprostol tanpa pengawasan medis.

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Obat ini masih bisa digunakan bila usia kehamilan lebih dari 9 minggu, tetapi dengan risiko perdarahan berat, nyeri dan komplikasi serius akan terus meningkat semakin lama kehamilan Anda.

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Di beberapa negara, bahkan di negara-negara dimana aborsi merupakan pelanggaran hukum, seorang ginekolog biasanya merawat ibu-ibu dalam kondisi tersebut. Kehamilan ektopik tidak bisa dirawat dengan Misoprostol.

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Jangan menggunakan Misprostol bila Anda memakai kontrasepsi spiral (IUD). IUD atau spiral adalah alat kontrasepsi spiral yang kecil (kira-kira 3 cm) dan diletakkan di dalam rahim oleh dokter untuk mencegah kehamilan. Bila Anda hamil dan memakai IUD, kami sarankan untuk melakukan USG karena kemungkinan untuk kehamilan ektopik lebih besar. Bila kehamilan terjadi di dalam kandungan, Anda perlu mengeluarkan IUD tersebut sebelum melakukan aborsi.

Penyakit Menular Seksual perlu dirawat

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Bila Anda mempunyai atau ada kemungkinan mempunyai Penyakit Menular Seksual (PMS), seperti Klamidia atau Gonorea, pergilah ke dokter supaya penyakit ini bisa ditangani dengan benar. Kemungkinan terjangkitnya penyakit tersebut lebih tinggi setelah perkosaan atau berhubungan seksual dengan orang yang tak dikenal, yang kemungkinan mengidap penyakit tersebut. Di banyak negara, kehamilan akibat perkosaan merupakan alasan yang sah untuk melakukan aborsi.

CARA MENDAPATKAN OBAT MISOPROSTOL

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Di beberapa negara, Anda bisa mendapatkan obat Misoprostol dari apotek dan menggunakannya sendiri. Tetapi jika Anda bisa mendapat pertolongan dari Women on Web, sebaiknya Anda menggugurkan kandungan dengan menggunakan Mifepriston dan Misoprostol. Kemungkinan keberhasilan aborsi dengan menggunakan kedua obat ini lebih tinggi 98%, daripada hanya memakai Misoprostol yang hanya 80%.

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Obat Misoprostol juga disebut dengan nama-nama merek lain, seperti Cytotec, Arthrotec, Oxaprost, Cyprostol , Prostokos atau Misotrol. Obat ini dijual bebas di apotek, tetapi kadang-kadang diperlukan resep dokter. Resep jarang diperlukan buat obat Arthrotec. Anda juga bisa membuat resep sendiri (lihatlah contoh dibawah ini).

Obat Misoprostol digunakan untuk mencegah sakit lambung

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - ''Cytotec, Cyprostol, Mibetec, Misotrol atau Prostokos” adalah nama-nama merek lain buat Misoprostol. Arthrotec dan Oxaprost mengandung Misoprostol dan penawar rasa sakit (painkiller) bernama Diclofenac. Obat-obat ini biasanya digunakan untuk nyeri sendi atau arthritis. Arthrotec biasanya lebih mahal daripada Cytotec.

OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Cytotec (200µg Misoprostol)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Arthrotec 50 atau 75 (200µg Misoprostol)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Cyprostol
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN -  Misotrol (Chile)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Prostokos (25µg Misoprostol) (Brazil)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Vagiprost (25µg Misoprostol) (Egypt)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Oxaprost 50 atau 75 (200µg Misoprostol) (Argentina)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Misotac (Egypt, Ghana, Sudan, Tanzania, Uganda, Zambia)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN -  Mizoprostol (Nigeria)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Misive (Spain)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Misofar (Spain)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Isovent (Kenya, Nepal)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Kontrac (India, Democratic Republic Congo)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Noprostol (Indonesia)OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Gustrul (Indonesia)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Asotec (Bangladesh)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Cyrux (Mexico)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Cytil (Colombia)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Misoprolen (Peru)
OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - Artrotec (Venezuela, Hong Kong, Australia)

CARA PEMAKAIAN OBAT MISOPROSTOL

Dimana aborsi dilarang, obat Misoprostol hanya boleh dipakai untuk menggugurkan kandungan. Menggunakan obat Misoprostol sembarangan bisa membahayakan kesehatan Anda!

Tingkat keberhasilan aborsi dengan cara ini 80%- 90%

Setelah mengambil dosis pertama obat Misoprostol, Anda bisa merasakan kram (kejang) dan mulai berdarah. Pendarahan biasanya mulai 4 jam setelah menggunakan pil, tetapi kadang-kadang bisa lebih lambat.

Pendarahan merupakan tanda pertama bahwa pengguguran kandungan terjadi. Jika pengguguran berlanjut, perdarahan dan kram akan lebih parah. Perdarahannya akan lebih banyak daripada menstruasi biasa dan bergumpalan atau bergelintir. Semakin lama kehamilan, semakin banyak kram dan perdarahan.

Perdarahan setelah aborsi

Perdarahan bisa berlangsung 1-2 minggu setelah aborsi, tetapi kadang-kedang lebih pendek atau lebih lama. Menstruasi biasa kembali dalam 4-6 minggu.

Memastikan bahwa aborsi berhasil

Kadang-kadang wanita bisa mengalami pendaharan tanpa menggugurkan kandungan. Oleh karenyanya sangat penting untuk memastikan bahwa aborsi benar-benar berhasil. Tes kehamilan akan menunjukkan negatif setelah 2-3 minggu. Jadi jika memungkinkan, lakukanlah USG 1 minggu setelah aborsi untuk memastikan bahwa kandungan kosong.

ARTIKEL INI HANYA UNTUK MENAMBAH PENGETAHUAN. TIDAK UNTUK DICOBA! BELAJARLAH BERTANGGUNG JAWAB KARNA ANAK ADALAH ANUGERAH TUHAN! BACA PROSES ABORSI

Baca yang ini juga ya :)



Terimakasih sudah membaca artikel tentang OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN - ABORSI, bagikan juga kepada teman-teman Anda.