Cara Membuat Teks Pidato Tentang Global Warming

Cara Membuat Teks Pidato Tentang Global Warming - Berpidato merupakan kegiatan yang membutuhkan latihan dan keberanian. Tidak semua orang bisa berpidato dengan baik.

Cara Membuat Teks Pidato Tentang Global Warming - Mereka yang mampu berpidato dengan baik merupakan orang-orang terlatih dan memiliki kepercayaan diri tinggi.

Cara Membuat Teks Pidato Tentang Global Warming - Bagi Anda yang baru pertama kali berpidato, mungkin hasilnya tak akan sebaik yang sudah sering melakukannya.

Cara Membuat Teks Pidato Tentang Global Warming - Untuk itu, kehadiran naskah teks pidato sangat diperlukan, terlebih bagi para pemula. Misalnya, Anda akan membawakan pidato tentang global warming di hadapan guru dan siswa yang berada dalam satu ruangan kelas yang sama.

Cara Membuat Teks Pidato Tentang Global Warming - Agar saat berpidato bisa tampil maksimal, Anda harus memerhatikan beberapa hal penting, yakni sebagai berikut.
  • Tampil percaya diri.
  • Fokus pada materi yang akan dibawakan.
  • Tidak perlu intermezo, kecuali jika perlu.
  • Naskah Pidato - Pidato Tentang Global Warming
Cara Membuat Teks Pidato Tentang Global Warming - Fungsi utama naskah pidato adalah agar Anda tetap fokus dan tidak membicarakan hal-hal lain di luar topik. Nah, sebelum membuat naskah pidato, Anda harus mengetahui struktur naskah pidato yang baik itu seperti apa. Sederhananya, struktur naskah pidato harus terdiri atas beberapa bagian, yakni bagian pembukaan, bagian isi, dan bagian penutupan.
Membuat Naskah Pidato Tentang Global Warming

Cara Membuat Teks Pidato Tentang Global Warming - Pembuatan naskah pidato tidak hanya berlaku ketika Anda hendak berpidato tentang global warming. Semua topik yang akan dibahas dalam pidato, baik pidato resmi maupun tidak resmi, sebaiknya dibuat naskahnya terlebih dahulu. Untuk jenis pidato apapun, struktur naskahnya pun sama.

a. Bagian Pembukaan Pidato - Pidato Tentang Global Warming

Cara Membuat Teks Pidato Tentang Global Warming - Dalam berpidato, bagian pembukaan biasanya hanya berupa ucapan terima kasih kepada Tuhan, penghormatan kepada hadirin yang dituakan, kemudian salam kepada para hadirin. Misalnya sebagai berikut.

Assalamualaikum wr.wb

Puji Syukur saya panjatkan kehadirat Illahi Robi yang telah memberikan kesehatan kepada saya khususnya dan kepada Anda semua pada umumnya sehingga kita memiliki kesempatan untuk berkumpul di tempat ini.

Terima kasih saya sampaikan kepada Bapak Kepala Sekolah beserta ibu/bapak guru lain yang telah hadir dalam acara ini. Tak lupa, terima kasih saya sampaikan kepada seluruh siswa yang hadir di sini.

b. Bagian Isi - Pidato Tentang Global Warming

Cara Membuat Teks Pidato Tentang Global Warming - Bagian isi merupakan topik utama yang akan dibicarakan dalam pidato. Buatlah daftar hal menarik yang merasa perlu disampaikan. Misalnya, dalam pidato tentang gobal warming berikut.

Hadirin yang saya hormati, seperti yang kita ketahui bersama, saat ini global warming telah menjadi isu dunia yang paling banyak menyita perhatian. Mengapa global warming menjadi sesuatu yang harus mendapatkan perhatian lebih dari seluruh warga dunia? Karena global warming merupakan tanggung jawab seluruh umat manusia yang tinggal di muka bumi, tak terkecuali di Indonesia.

Global warming atau pemanasan global adalah peristiwa meningkatnya suhu bumi karena berbagai hal hasil perbuatan manusia. Lapisan ozon rusak, suhu bumi tidak terkontrol, cuaca ekstrem, dan sebagainya, adalah sesuatu yang harus segera diperbaiki. Caranya? Mari kita sayangi bumi ini...

Cara Membuat Teks Pidato Tentang Global Warming - Pada bahasan selanjutnya, sebaiknya Anda membahas tentang apa itu global warming, sebab-akibat global warming, dan solusi untuk mengurangi global warming.

c. Bagian Penutup - Pidato Tentang Global Warming

Cara Membuat Teks Pidato Tentang Global Warming - Bagian penutup dalam sebuah pidato tidak jauh berbeda dengan bagian pembuka pidato. Bedanya, dalam penutupan pidato, biasanya ada sebuah doa dan harapan atas apa yang tengah dibahas dalam pidato bersangkutan.

Baca yang ini juga ya :)



Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Membuat Teks Pidato Tentang Global Warming, bagikan juga kepada teman-teman Anda.